SSPS 2017 : Pediatric Trauma

SSPS 2017 : Pediatric Trauma

Reportase Kegiatan Surabaya Seminar On Pediatric Surgery : Pediatric Trauma

picture1

Pada sabtu 11 Februari 2017, Departemen Bedah Anak RSUD Dr. Soetomo menyelenggarakan acara Surabaya Seminar On Pediatric Surgery : Pediatric Trauma di ruang Soetojo RSUD Dr Soetomo.

Acara seminar  yang dipimpin dr Fendy Matulatan, Sp.BA (K) sebagai ketua panitia ini mengetengahkan topik-topik hangat di bidang trauma anak yang dibawakan oleh para ahli bedah anak dari PERBANI dan didukung juga  oleh rekan-rekan sejawat dari Bedah Thorak Kardiak Vaskular,  Bedah Saraf dan Radiologi yang mana turut membagikan keahlian dan pengalamannya terkait kasus-kasus trauma anak.

Dalam sambutannya, dr Agung Prasmono, Sp.BTKV (K) MARS selaku Kadep SMF Dept. Ilmu Bedah RSUD Dr Soetomo menyoroti bidang bedah anak sebagai bidang potensial yang akan  terus berkembang di masa yang akan datang. Pada kesempatan ini beliau juga menyatakan penghormatan serta rasa bangganya pada para sejawat ahli bedah anak yang terus mengembangkan bidang bedah anak di seluruh penjuru Indonesia.

Pada sesi pertama seminar mengangkat topik seputar Penanganan definitif trauma bedah  pada anak, dibahas update oleh dr Poerwadi, Sp.BA (K), topik mengenai Trauma kepala pada anak oleh dr Agus Turchan, Sp.BS (K),  topik Trauma leher pada anak oleh dr Barmadisatrio, Sp.BA (K) serta topik mengenai Trauma dada pada anak oleh dr  Agung Prasmono, SpBTKV (K) MARS.

Pada sesi kedua seminar, dr Fendy Matulatan, Sp.BA (K ) memberikan materi mengenai Trauma hati dan limpa pada anak, dr Poerwadi, Sp.BA (K) kembali mengisi dengan topik Trauma duodenum, pankreas dan saluran empedu pada anak, dr Purnawiranto memberikan materi mengenai cidera ikutan yang dapat terjadi pada kasus anak dengan trauma pelvis, dr Bustanul ArifinNawas, Sp.BA (K) membawakan topik Trauma genitourinari pada anak dan sebagai pembicara terakhir disesi ini dr Fendy Matulatan, Sp.BA (K) membagi topik mengenai Kontrol perdarahan pada anak.

Dalam sesi selanjutnya dr Riana Tamba Sp.BA (K)  turut membagikan pengalamannya dalam topik Trauma termal pada anak, dilanjutkan oleh dr Kustiyo Gunawan , Sp. BA (K) dengan topik mengenai peranan bedah minimal invasif pada kasus trauma anak, dr Poerwadi, Sp.BA (K) kembali mengisi dengan materi komplikasi yang dapat terjdi dari trauma pada anak. Selain itu pengetahuan peserta seminar juga ditambah dengan adanya diskusi kasus mengenai multi trauma pada anak oleh dr IGB. Adria Hariastawa, Sp.BA (K).

Diharapkan dengan dilangsungkannya seminar ini serta dibagikannya pengalaman mengenai ilmu-ilmu di bidang bedah anak, dapat timbul semangat serta gairah dalam mengembangkan pelayanan dan ilmu bedah anak di Indonesia.

picture2 picture3